Selasa, 29 Oktober 2013

Virtual Account (1)


Belakangan ini, Virtual Account  menjadi sangat populer di dunia bisnis Indonesia. Saya rasa rekan-rekan pun pasti cukup familier dengan Virtual Account, atau paling tidak pernah mendengar kata Virtual Account. Di catatan harian kerja Virtual saya yang pertama ini, saya ingin membahas soal Virtual Account berdasarkan pengetahuan yang saya miliki.

Apa itu Virtual Account?

Virtual Account merupakan nomor rekening virtual yang disediakan oleh suatu perusahaan kepada pelanggannya sebagai nomor rekening tujuan pengiriman uang atau pembayaran. Virtual Account biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menerbitkan tagihan, sebagai contoh: perusahaan asuransi, perusahaan leasing, lembaga pendidikan (sekolah/universitas), pengelola properti, pusat kebugaran, dan sebagainya. Nomor Virtual Account ini sifatnya unik, dimana setiap pelanggan suatu perusahaan memiliki nomor Virtual Account yang berbeda satu sama lain.

Apa Manfaat Menggunakan Virtual Account?

Perusahaan-perusahaan yang menerbitkan tagihan kepada pelanggannya (atau biasa disebut sebagai Biller) seringkali menghadapi beragam permasalahan dalam mengelola data tagihan dan data pembayaran tagihan. Lebih lagi jika perusahaan tersebut memiliki data tagihan dan pelanggan yang sangat banyak, seperti misalnya perusahaan asuransi. Permasalahan lain yang juga kerap muncul adalah banyaknya transaksi yang tidak dikenal atau tidak diketahui darimana sumbernya. Hal ini terjadi karena para pelanggan melakukan pembayaran melalui transfer ke satu rekening yang sama dan pelanggan tidak menyampaikan bukti pembayaran tersebut kepada perusahaan. Sehingga, perusahaan pun harus melakukan effort yang lebih untuk mengenali atau mencocokkan data pembayaran yang masuk dengan data tagihan yang ada.

Di sini, peran Virtual Account muncul. Virtual Account akan membantu perusahaan untuk mengelola data tagihan dan data pembayaran tagihan dengan mengenali sumber pembayaran tagihan. Hal ini dikarenakan setiap pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan akan menggunakan nomor rekening tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan nomor Virtual Account yang dimilikinya masing-masing.

Untuk dapat menggunakan Virtual Account ini, perusahaan harus bekerja sama dengan bank-bank yang menyediakan produk Virtual Account. Untuk catatan berikutnya, saya akan mengulas mengenai bank-bank yang memiliki produk Virtual Account. Sekian dulu catatan saya mengenai Virtual Account. Semoga dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;